Pengenalan Desain Grafis & Animasi
Nama
: Muhammad Naufal A
NPM : 14118773
Kelas : 3KA31
Desain Grafis
Ada
beberapa tokoh menyatakan pendapatnya tentang desain grafis, antara lain
sebagai berikut:
- Muhammad Suyanto (dalam buku Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan, M. Suyanto, 2004). Desain Grafis didefinisikan sebagai “aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk dan perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam publikasi.
- Senada dengan Suyanto, dalam situs www.aiga.com, Jessica Helfand mendefinisikan desain grafis sebagai kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, serta foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan, subversive, atau sesuatu yang mudah diingat.
- Danton Sihombing juga menjelaskan bahwa adanya elemen-elemen grafis; seperti marka, simbol, tipografi dan fotografi atau ilustrasi, diterapkan sebagai perangkat visual dan perangkat komunikasi. Sehingga secara umum, pengertian dari desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Desain grafis merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Kategori Desain Grafis
Secara
garis besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori sebagai berikut.
1. Printing
(percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer,
pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
2.
Web
design (desain untuk halaman web) atau desain interaktif
3.
Film, termasuk TV komersial, animasi, dan
multimedia interaktif.
4.
Identifikasi (logo), EGD (Environmental
Graphic Design) merupakan desain profesional yang mencakup desain industri
(iklan, branding, company profile, dan lain-lain).
5.
Desain
produk, pemaketan, kemasan, merchandise, dan sebagainya
Software Desain Grafis Terbaik
1. Adobe Photoshop
2. Corel Draw
3. Adobe InDesign
4. Adobe Illustrator
Animasi
Animasi yang berasal dari Bahasa
Yunani Anima yang berarti memberi nyawa. Sedangkan animasi sendiri yaitu sebuah
film dari benda yang seolah hidup, terbuat dari fotografi, gambar, boneka atau
tulisan, dengan perbedaan tipis antar frames, untuk memberi kesan pergerakan
saat diproyeksikan.
Secara
umum animasi bisa dikatakan sebagai sebuah tayangan yang memanfaatkan permainan
dari perbedaan gerakan dari beberapa gambar yang sudah ada sehingga membentuk
suatu ilusi gerakan yang dinamis dan nyata. Melalui proses-proses yang dilalui,
gambar yang telah ada disatukan sehingga menghasilkan sebuah gerakan yang
alami.
Animasi
pada saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dalam berbagai
kegiatan baik untuk kegiatan yang bersifat formal maupun rekreatif. Pemakaian unsur animasi di dalam sebuah aplikasi multimedia sangat
menjanjikan suatu tampilan visual yang lebih dinamis, dapat menampilakan
sesuatu tampilan visual yang imajinatif dan mustahil dalam kehidupan yang
sebenarnya tetapi dapat divisualisasikan secara meyakinkan dalam animasi.
Kategori Animasi
1. Animasi Tradisional (traditional Animation 2D)
2. Animasi stop-motion (stop motion Animation)
3. Animasi Komputer (computer graphics Animation 2D & 3D)
4. Kombinasi Animasi
5. Animasi 2D (2 Dimensi)
6. Animasi 3D (3 Dimensi)
7. Animasi Jepang (Anime)
Software Animasi Terbaik
1. Moho Pro 13
2. Aurora 3D Animation
Maker
3. Blender
4. Cinema 4D Studio
5. Autodesk
MotionBuilder
6. Houdini
7. Autodesk 3ds Max
8. Modo
9. Autodesk Maya
10. Animaker
Sumber
Suyanto, M. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk
Periklanan.Yogyakarta: Andi.
Sihombing, Danton. 2015. Tipografi dalam Desain
Grafis. Jakarta: Gramedia.
Widya, Leonardo Adi Dharma & Andreas James
Darmawan. 2016. Pengantar Desain Grafis. Jakarta
Nugroho, W. 2011. Modul Training Produksi Film
Animasi. Yogyakarta: Dreamlight World Media.
Miesomop, 2015. Film Animasi Luar Lebih Mendominasi di
Indonesia. Retrived from http://indonesiana.tempo.co/read/31071/2015/02/07/Film-Animasi-Luar-Lebih-Mendominasi-di-Indonesia#
[2 April 2016].
Hakim, Luqman. 2013. “iklan layanan masyarakat go
green dalam bentuk animasi dua dimensi”.
Komentar
Posting Komentar