SISTEM INFORMASI PEMASARAN ONLINE


Dewasa ini, pengukuran kinerja perusahaan menjadi hal yang sangat penting bagi manajemen untuk melakukan evaluasi terhadap performa perusahaan dan perencanaan tujuan di masa mendatang. Berbagai informasi dihimpun agar pekerjaan yang dilakukan dapat dikendalikan dan dipertanggungjawabkan. Hal ini dilakukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas pada seluruh proses bisnis perusahaan.

Informasi merupakan hal penting dalam suatu organisasi. Penyampaian informasi yang kurang baik akan menyebabkan sistem tidak berjalan dengan baik pula. Sumber dari informasi adalah data, kemudian diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi penerimanya. Informasi yang disampaikan dengan baik tentu akan membantu organisasi dalam mengambil keputusan. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja organisasi tersebut menjadi lebih baik. 

Untuk itu suatu organisasi harus mengadakan penyesuaian dalam perkembangan teknologi saat ini, agar data dapat diolah lebih baik lagi supaya informasi yang didapatkan menjadi lebih mudah dibaca, mudah dimengerti serta dapat memperoleh detail dari informasi tersebut. Selama ini pihak eksekutif pada perusahaan mengalami kesulitan dalam mendapatkan informasi karena pencatatan pemasaran masih dilakukan secara manual. Sistem yang selama ini berjalan membutuhkan waktu banyak untuk mengelola data menjadi informasi. Selain itu pula, belum ada database sebagai tempat penyimpanan data, hal ini tentu rentan terjadinya kehilangan maupun kerusakan data. Kelemahan lain dari sistem manual adalah, update data rentan terjadi kesalahan sehingga data pemasaran belum akurat.

Kehadiran teknologi informasi dalam pemasaran online semakin mempengaruhi kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Kemudahan akses dengan jangkauan yang luas membuat setiap orang dapat menelusuri berbagai situs dalam melakukan transaksi jual-beli secara online. Saat ini pengguna internet di Indonesia saat ini sudah mencapai 64 juta orang, dan masih akan terus berkembang. 

PENGERTIAN

Sistem informasi pemasaran online adalah suatu bentuk kemajuan teknologi informasi yang telah membawa sejumlah perubahan, diantaranya menurunkan biaya interaksi antara pembeli dan  penjual, interaksi menjadi lebih mudah, lebih banyak alternatif dan mempermudah kegiatan promosi, peluang memperluas pangsa pasar tanpa harus memiliki modal besar, peningkatan transparansi dan pelayanan kepada konsumen . Pemanfaatan sistem informasi pemasaran online merupakan suatu mekanisme bisnis yang bekerja secara elektronik dengan  memfokuskan kepada transaksi bisnis secara online dan memiliki kesempatan membangun hubungan yang lebih manusiawi dan memiliki personalisasi dengan pelanggan . Masyarakat dapat melakukan pemesanan dan pembelian tanpa batasan tempat dan waktu, tanggap akan kekinian informasi. Ekspansi usaha menjadi lebih fleksibel, menjangkau pasar sasaran lebih luas, media promosi lebih murah dan interaktif, kejelasan transparansi biaya operasional, digitalisasi produk/jasa, memperlancar pendistribusian, memberikan kemudahan transaksi komersial melintasi batas-batas budaya dan negara dengan biaya yang relatif lebih efektif,   mempermudah membangun kemitraan bisnis dengan pola diferensiasi yang sesuai kebutuhan dengan spesifikasi produk/jasa tertentu . Oleh karena itu, kebutuhan utama perancangan sistem informasi pemasaran online merupakan sarana penting memperluas segmentasi pangsa pasar sehingga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk meraih keuntungan dan daya saing secara lebih kompetitif . 

PENTINGNYA MARKETING ONLINE DI ERA MILENIAL

Marketing online di masa sekarang menjadi salah satu kebutuhan pokok untuk pelaku bisnis. Bagi para pelaku usaha kecil menengah, setiap uang yang dikeluarkan sekecil apapun itu bisa dikatakan sangatlah berharga. Sehingga dalam hal promosipun mereka harus memilih strategi promosi yang tepat untuk mendatangkan keuntungan terbaik dari investasi yang mereka keluarkan.

Pemasaran online muncul sebagai salah satu media yang paling inovatif bagi pelaku usaha kecil untuk mempromosikan produk dan layanan mereka ke khalayak ramai. Bahkan saat ini tidak hanya UKM saja yang terbantu oleh pemasaran online, banyak pemilik usaha terkemuka yang ikut mendapatkan peningkatan penjualan karena mereka mempromosikan bisnisnya di internet. Melalui fakta ini jelas menunjukkan bahwa siapapun tidak boleh melewatkan kemudahan marketing melalui media online.

KELEBIHAN MARKETING ONLINE

1) Aksesnya Luas
Pemasaran bisnis online akan memberikan akses yang luas dari pelanggan potensial. Sudah diperkirakan bahwa beberapa miliar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya. Sehingga banyak pemasaran bisnis bagi sebuah kelompok besar hanya melalui internet.

2) Dapat Melintasi Batas Geografis
Internet merupakan satu-satunya media yang dapat melintasi batas-batas geografis serta nasional. kamu bisa menempatkan iklan di internet dan seluruh masyarakat di seluruh dunia pun bisa melihat iklan tersebut.

3) Biaya Yang Dikeluarkan Lebih Murah
Biaya yang harus dikeluarkan untuk mempromosikan bisnis di internet juga jauh lebih murah jika dibandingkan media pemasaran lainnya. Hal inilah yang memudahkan para pelaku bisnis kecil dan menengah untuk mengenalkan produk mereka.

4) Bisa Terus Terhubung Dengan Pelanggan
Internet memungkinkan kamu untuk selalu terhubung dengan pelanggan secara real time. Jika kamu menerapkan sistem diskon, kamu juga bisa dengan mudah mengirimkan email ke pelanggan dan mereka pun bisa langsung membeli produk kamu. Selain itu, internet juga memungkinkan kamu untuk bisa mengirimkan beberapa pesan di saat yang sama. Itu berarti bahwa kamu bisa mengirimkan newsletter kepada setiap pelanggan.

5) Mendapatkan Feedback Instant
Internet marketing dapat memungkinkan untuk bisa mendapatkan umpan balik instan dari para pelanggan. Pelanggan bisa membiarkan kamu tahu tentang pengalaman yang mereka alami setelah menggunakan produk dan tersebut dan memungkinkan kamu untuk mengetahui apakah pelaku bisnis perlu membuat perbaikan layanan atau tidak.

6) Menghemat Waktu
Seseorang bisa mendapatkan semua informasi mengenai produk maupun jasa melalui internet, dengan begitu pelanggan bisa mengetahuinya. Ini berlaku baik untuk penjual maupun pembeli. Pembeli bisa akses informasi kapan saja di mana saja, sama halnya penjual juga bisa bekerja kapanpun di mana pun.

7) Available 24 Jam
Internet marketing juga memungkinkan bisnis yang kamu jalankan akan tersedia setiap hari selama 24 jam, itu berarti cara tersebut akan membantu meningkatkan penjualan dan keuntungan.

KEKURANGAN MARKETING ONLINE

1) Biaya awal pemasaran cukup tinggi.
2) Masih ada pelanggan yang lebih suka offline store.
3) Terdapat pelanggan yang tidak mahir menggunakan internet.
4) Rentan terhadap Penipuan.
5) Rentan Kesalahan teknis.

KESIMPULAN

Sistem Informasi Pemasaran memiliki orientasi ke masa depan, mengantisipasikan dan mencegah masalah serta memecahkannya. Dan ini merupakan obat pencegah dan penyembuh pemasaran.

Manfaat penggunaan sistem Informasi pemasaran adalah
  • Menyediakan arus informasi yang lebih lengkap, lebih murah dan lebih cepat untuk manajemen dalam mengambil keputusan.
  • Agar eksekutif dapat menerima laporan lebih sering dan lebih rinci.
  • Mampu menyimpan data dan memaparkannya kembali sehingga memungkinkan      terkumpulnya dan terpakainya beragam data yang lebih luas.
  • Memudahkan manajemen untuk memonitor dengan lebih rinci prestasi produk, pasar,  karyawan penjualan dan berbagai unit pemasaran lainnya  
  SUMBER JURNAL 1   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Audit (Audit Internal, Audit System Informasi, Audit Kecurangan, dan Audit Keuangan)